10 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan dan Cara Menjawabnya

65

 

Pertanyaan Interview Kerja

Setelah lolos melewati tahap seleksi berkas, biasanya Anda akan dipanggil ke tahap selanjutnya yaitu interview kerja. Karena berhadapan langsung dengan bagian HRD atau personalia, Anda harus mempersiapkan diri dengan lebih matang lagi. Interview adalah kesempatan untuk menampilkan kesan pertama yang baik untuk kelanjutan lamaran pekerjaan Anda.

 

Nah, bagi Anda yang belum terbayang seperti apa proses interview tersebut, berikut adalah beberapa pertanyaan interview yang mungkin ditanyakan kepada Anda:
 

       1. Dapatkah Anda Menceritakan tentang Diri Anda?

Jangan hanya ceritakan data diri Anda seperti nama, alamat, dan lulusan saja. Ceritakan juga tentang kualitas diri Anda.

 

2. Apa Saja Kelebihan Anda?

Sebutkah kelebihan yang benar-benar Anda miliki seperti cepat belajar, mudah berkoordinasi, atau tepat waktu.

 

3.  Apa yang Menjadi Kekurangan Anda?

Jangan ragu menyebutkan kelemahan Anda misalnya mudah panik atau pelupa. Pastikan Anda sebutkan juga solusinya seperti selalu mencatat hal penting agar tidak lupa.

 

4. Alasan Anda Keluar dari Pekerjaan Terakhir?

Anda tidak perlu menceritakan detail tentang alasan sebenarnya. Cukup berikan alasan yang logis dan tidak menjatuhkan citra pihak mana pun.

 

5. Apakah Anda Merasa Nyaman Bekerja dalam Tim?

Sebaiknya jawab dengan jujur agar pewawancara bisa tahu di mana harus menempatkan Anda.

 

6. Dapatkah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?

Tekanan yang dimaksud bisa saja tekanan pekerjaan, dari atasan, serta tekanan waktu. Jawab sesuai dengan kualitas diri Anda.

 

7. Apakah Anda Bermasalah dengan Lembur?

Jika Anda menyanggupi untuk lembur, tanyakan apakah ada kompensasi lembur, dalam kondisi apa atau seberapa sering frekuensi lembur biasanya terjadi.

 

8. Dari Mana Anda Mendengar tentang Lowongan di Perusahaan Kami?

Pertanyaan interview ini dilontarkan hanya untuk meraba kemungkinan koneksi yang Anda punya di perusahaan.

 

9. Apakah Anda Bersedia untuk Dinas Luar Kota?

Mirip dengan lembur, ada beberapa hal yang harus Anda tanyakan berkaitan dengan dinas luar kota agar jelas.


10. Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Sebutkan kualitas diri, kontribusi, serta komitmen seperti apa yang mungkin akan Anda berikan kepada perusahaan.Utarakan dengan tenang dan lugas untuk menarik rasa percaya pewawancara.

Pertanyaan interview tersebut bisa dilontarkan dalam bahasa serta gestur yang berbeda. Ingat, tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam interview kerja, Anda hanya harus jujur dan menjawab dengan sopan dan sesuai etika.

Tujuan dari interview kerja adalah menggali potensi dan menganalisis apakah kualitas Anda cocok dengan yang dibutuhkan perusahaan. Untuk itu, jawab dengan yakin terutama jika Anda merasa sesuai dengan pekerjaan tersebut.  

 

>