Apa itu bitcoin

112

Apa itu bitcoin ? Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di dunia maya dan sekaligus sebuah teknologi mata uang digital. Tahun 2017 yang lalu ramai orang membicarakan mengenai bitcoin, banyak yang berkomentar terkait dengan baik buruknya bitcoin. Hingga akhirnya pemerintah ikut mengomentari terkait dengan bitcoin itu sendiri, namun disini saya tidak akan bahas lebih jauh mengenai bitcoin dari sudut pandang politik maupun ekonomi. Tentunya banyak dari para netter semua masih kebingungan sebenarnya apa sih bitcoin itu sendiri?? Jawabannya bisa dari 2 aspek yaitu

1. Bitcoin sebagai mata uang
2. Bitcoin sebagai teknologi

Bitcoin sebagai mata uang, artinya dengan uang bitcoin yang anda miliki anda bisa melakukan pembayaran transaksi di internet menggunakan uang bitcoin yang anda punya. Namun tentunya tidak semua merchant mau menerima pembayarannya menggunakan bitcoin.

Bagaimana caranya menggunakan bitcoin ? jawabannya sangat mudah, anda tinggal mendownload atau mengunduh sebuah aplikasi yang bernama wallet bitcoin yang bisa anda download disini https://bitcoin.org/en/wallets/desktop/windows/electrum/  . Jenis dari wallet sendiri sebetulnya beragam, tapi bagi anda yang ingin mencoba coba tanpa perlu repot instalasi segala bisa menggunakan wallet berbasis web https://bitcoin.org/en/wallets/web/bitgo/ . Saya akan coba bahas di artikel selanjutnya mengenai cara menggunakan wallet. Wallet sendiri sebetulnya semacam dompet digital yang nantinya bisa digunakan untuk menyimpan, menerima dan mentransfer sejumlah nominal bitcoin yang kita miliki dengan satuan bitcoin yaitu BTC. Namun tentu tidak semua orang memiliki nilai BTC yang banyak, hampir kebayakan orang rata-rata hanya memiliki nilai dibawah 0.01 BTC. Sebagai illustrasi saat artikel ini ditulis yaitu pada tanggal 1 februari 2018 nilai dari 1BTC apabila dikonversikan ke rupiah yaitu sekitar Rp. 126.917.320,  luar biasa bukan? Dari wallet yang anda miliki nanti akan terbentuk sebuah alamat bitcoin sepanjang 26-35 karakter, contohnya seperti ini “1BvBMSEYstWetqTFn5Au4m4GFg7xJaNVN2″ itu adalah salah satu contoh alamat bitcoin, so jangan coba-coba untuk menghafalnya ya 🙂 .
Referensi : http://dosen.unpas.ac.id/ferry/blog/apa-itu-bitcoin/

>