Apa itu server

18

Pernahkah anda mendengar istilah Server?

Barangkali sering kita dengar istilah ini ketika anda mencoba mengakses sebuah website atau portal berita, yang tiba-tiba tidak bisa diakses. Pesan yang sering anda baca pada halaman yang sedang tidak bisa diakses seperti
– Server not found
– Server busy
– Error Server
dan masih banyak lagi pesan pesan error yang memberitahukan kepada anda bahwa sedang ada masalah di server.

Istilah server sendiri sebenarnya akan sering anda dengar ketika berkaitan dengan layanan yang berhubungan dengan jaringan maupun internet.

Secara gampangnya, server diibaratkan sebagai sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menyimpan data sekaligus memberikan pelayanan tertentu. Layanan ini contohnya seperti ketika anda membuka halaman berita detik.com, merdeka.com, youtube.com, dan website-website lainnya.

Sehingga ketika ada orang bertanya, dimana situs yang sering kita akses melalui internet itu disimpan? Jawabannya adalah disimpan di server.

Tentu saja komputer yang dipergunakan untuk dijadikan server ini memiliki kemampuan yang sangat cepat dengan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan data.

Server sendiri memiliki beberapa jenis atau kategori bila dilihat dari layanannya seperti

  1. Server Web (Web Server)
  2. Server Data (FTP Server)
  3. Server Pengecekan Pengguna (Radius Server)
  4. Server Jaringan (Proxy Server)
    dan masih banyak lagi jenis-jenis server yang disesuaikan dengan layanan yang akan diberikan.

Sedangkan jenis server apabila dilihat dari bentuk fisiknya (jenis hardware) ada 2 yaitu

  1. Server Rakitan
    Jenis server ini dibuat dari komputer biasa yang dijadikan server, dengan cara memperbesar kapasitas kemampuannya yaitu dengan menambah memori, memperbesar kapasitas hardisk dan mempercepat kemampuan processor.
  2. Server Branded                                                                              Jenis server ini dibuat dari komputer yang memang dirancang khusus untuk dipergunakan sebagai server. Jenis perangkat kerasnya yang dipilih memiliki kemampuan yang sangat handal, sehingga mampu berjalan 24 jam nonstop tanpa berhenti. Namun tentu saja harganya bisa 2-3 kali lipat lebih mahal dari komputer biasa dengan jenis perangkat keras yang sama.

Umumnya yang sering kita akses yaitu server berjenis “Server Web atau dikenal dengan Web Server”. Server jenis ini digunakan untuk menyimpan data-data situs yang akan diakses secara online oleh banyak orang melalui internet.

>