Cara membuat akte kelahiran di bandung 2014

11
Akhirnya setelah sekian lama mengurus semua persyaratan yang diperlukan untuk membuat akta kelahiran anak saya yang kedua,hari ini saya mendatangi kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bandung. Datamg pukul 7.45 ternyata sudah cukup panjang antriannya, walaupun para petugas dinas masih melakukan apel pagi. Persyaratan untuk mengurus akte ini terbilang cukup rumit dan menghabiskan banyak waktu apabila kita yang mengurus sendiri. Tidak heran banyak orang yang malas untuk mengurus akta kelahiran anaknya sendiri,karena memang perlu meluangkan banyak waktu. Walaupun di tempat kelahiran baik di rumah sakit maupun di bidan, terkadang bisa minta mereka yang menguruskan dengan mengeluarkan sedikit biaya. Tapi kali ini saya ingin mencoba sendiri dan sekalian bisa berbagi untuk para reader yang saat ini kesulitan mengurus akta kelahiran anaknya. Prinsip saya, lebih baik kita ribet di awal daripada kasihan anak kita nanti apabila bermasalah dengan administrasi kependudukan, dan sebagai catatan jangan sampai ada kesalahan penulisan baik nama maupun tempat tanggal lahirnya. Persyaratatan yang harus dipersiapkan
1. Surat keterangan lahir dari rumah sakit/bidan (asli)
2. Surat keterangan lahir dari kelurahan ( sebelum datang ke disduk capil,kita perlu datang ke kelurahan untuk minta dibuatkan surat kenal lahir,lalu bawa aslinya ke disduk untuk dilampirkan)
3. Foto kopi Ktp (suami ,istri)
4. Foto kopi KK/kartu keluarga (nah bagi pasangan yg baru menikah,syaratnya harus memiliki KK terlebih dahulu, jadi mesti dipersiapkan jauh hari sebelum kelahiran anak)
5. Foto kopi akta nikah
6. Foto kopi ktp 2 orang saksi (bisa saudara atau adik/kakak kita, jangan lupa ikut juga ke kantor disduk pada saat penyerahan berkas untuk menandatangani berkas sebagai saksi)
7. Foto kopi akta kelahiran ibu (ibu si bayi)
8. Surat NIK dari kecamatan(nah sebelum ke disduk,datang dulu ke kantor kecamatan dengan membawa surat lahir dari kelurahan untuk dibuatkan nomor NIK dari kecamatan, nantinya surat ini dibawa kembali ke kantor disduk sebagai lampiran, dan harap dibawa yang aslinya)
Setelah semua berkas dilengkapi, tinggal mengambil nomor antrian, untuk dilakukan pemeriksaan atau verifikasi akta kelahiran di Loket A. Setelah selesai verifikasi dan tidak ada persyaratan yang kurang, sekarang tinggal mendatangi loket disebelahnya dengan membawa berkas yang diberikan dari loket A. Disinilah baru kita dan 2 orang saksi tadi untuk diminta tanda tangannya. Namun apabila memang mendesak saksi tidak bisa hadir, petugas biasanya menawarkan saksi dari mereka, tentunya dengan biaya seikhlasnya 🙂
>