Bagaimana cara membuat blog hanya dengan 3 langkah

Tingkat Kesulitan : Mudah

88

Rasanya punya kebanggaan tersendiri kalo anda punya blog pribadi, apalagi nama blog nya adalah nama anda sendiri. Mau punya blog sendiri? tapi ga ngerti soal website apalagi koding.. ternyata membuat blog tidak sesulit seperti yang anda bayangkan selama ini.

Bahkan hanya perlu waktu sekitar 30 menit dan menyiapkan dana sekitar 400rb an per 6 bulan, anda sudah punya blog yang sudah langsung online dengan alamat anda sendiri, menarik bukan??

Pertanyaan umum yang akan seorang newbie (pemula) lontarkan adalah “Alasannya kenapa harus punya blog” jawabannya adalah:

  1. Sebagai media eksistansi anda di dunia maya
  2. Bisa menghasilkan uang dari iklan dan affiliasi

Kalo budget anda terbatas, anda bisa membuat blog secara gratis. Simak tutorial saya mengenai cara membuat blog gratisan

Blog menggunakan wordpress

cara membuat website

Blog yang nantinya akan anda buat yaitu menggunakan WordPress. Salah satu jenis blog yang bisa di unduh secara gratis. Selain wordpress ada juga yang lainnya seperti Joomla, drupal, blogger.

WordPress sangat popular di kalangan para pemilik blog (blogger) karena kemudahannya (tampilan GUI yang mudah dipahami, plugin tambahan gratis, bahkan nyaris tidak menggunakan koding).

Langkah 1 – Pilih dan daftarkan domain

Domain adalah sebuah nama yang akan diketik pada kolom isian browser untuk mengunjungi website/blog. sebagai contoh ferrymulyanto.com adalah sebuah nama domain

Nama domain merupakan sebuah alamat untuk website/blog, sehingga anda perlu mempertimbangkan pemilihan nama domain agar mudah untuk diingat, tentu saja tidak ada nama domain yang sama di seluruh dunia karena bersifat unik.

Jenis dari nama domain dibedakan berdasarkan ekstensinya seperti .com, .net, .id, .co.id, .org, .info. Saya sendiri menyarankan untuk memilih nama domain ber akhiran .com karena jenis nama domain tersebut sudah sangat populer, sekalipun mungkin sulit untuk menentukan nama domain sesuai dengan yang anda inginkan.

Biaya untuk membeli domain cukup beragam, tergantung dari jenis ekstensi domainnya .com sekitar 110rb. Biaya pembelian domain berlaku hanya untuk satu tahun, sehingga anda perlu melakukan perpanjangan setiap tahun agar nama domain anda tidak hangus.

anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis dengan cara membeli layanan paket Domain + Hosting. Langkahnya ikuti petunjuk dibawah ini

a. Untuk melakukan pengecekan apakah nama domain yang anda inginkan tersedia, lakukan pengecekan disini

b. Isi pada kolom pencarian nama domain yang anda inginkan, berikut dengan ekstensi yang di kehendakicara membuat blog domain

c. Apabila domain yang anda kehendaki tersedia, maka akan muncul pesan seperti inicara membuat blog 2

Apabila domain tersedia, silahkan lanjutkan ke langkah 2 untuk melakukan konfigurasi web hosting.

Apabila domain tidak tersedia, silahkan cari ekstensi domain yang lain seperti .net, .org dst. Atau cari alternatif nama yang lainnya dengan mengkombinasikan “-” sebagai contoh (ferry-mulyanto.com).

Jangan pusing untuk memilih jenis ekstensi domain, yang jelas untuk memilih domain bisa berdasarkan nama anda atau topik dari blog yang akan anda buat. Simak tutorial saya mengenai cara membuat/daftar domain

Langkah 2 – Mencari penyedia hosting

Penyedia Web Hosting cukup banyak, namun saya merekomendasikan anda untuk menggunakan layanan penyedia web hosting sekaligus domainnya menggunakan Niagahoster . Selain murah, layanan mereka menyediakan hosting khusus untuk wordpress.

a. Untuk mulai melakukan konfigurasi hosting, silahkan masuk ke web Niagahoster . Lalu cari pada pilihan menu di atas yaitu Web Hosting –> Hosting WordPress web hosting murah

b. Selanjutnya, geser kebawah hingga anda menemukan pilihan seperti berikut web hosting wordpress

c. Saya merekomendasikan untuk memilih paket pelajar karena pilihan paket ini sudah menyediakan domain gratis. silahkan klik Pilih Sekarang, selanjutnya anda akan dibawa pada halaman berikut. 

d. Agar wordpress otomatis terpasang tanpa perlu repot proses instalasinya, silahkan centang opsi “Gratis auto install website wordpress”

e. Saya merekomendasikan untuk memilih paket pelajar dengan masa durasi pembayaran web hosting per 1 tahun. Apabila dirasa cukup mahal, anda bisa pilih untuk per 6 bulan namun tentu saja tidak mendapatkan domain Gratis. Untuk langkah selanjutnya klik Selanjutnya.

f. Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman Checkout untuk menyelesaikan proses pembayaran. Klik tombol selanjutnya

g. Proses selanjutnya anda diminta login, apabila baru pertama kali silahkan daftar akun terlebih dahulu

h. Selanjutnya anda diminta untuk melakukan proses pembayaran dengan memilih metode pembayaran, silahkan untuk sesuaikan.

Langkah 3 – Pililh Template

Langkah terakhir ini sebarnya opsional, karena web anda sudah bisa diakses, namun tampilannya masih standar.

Agar tampilan bisa lebih menarik, anda bisa memilih template gratisan yang telah disediakan. Masuk ke halaman admin wordpress, lalu pilih “Tampilan – Tema”, silahkan pilih tema yang menurut anda menarik

Apabila anda sudah menemukan tema yang sesuai, klik “lihat” atau “pasang”

>