Jenis jenis website

53

Website yang selama ini anda kenal sebagai sebuah halaman di internet untuk melihat informasi memiliki beberapa jenis. Jenis dari website dibedakan berdasarkan layanan yang diberikan.

Pada dasarnya ada 4 jenis website yang sering digunakan

#1. Website pribadi/Blog

Jenis website ini ditujukan untuk mempublikasikan atau menceritakan pengalaman dan kehidupan seseorang. Sering kita lihat perjalanan hidup seseorang diceritakan dalam sebuah website. Biasanya kita sering melihat galeri foto ketika orang tersebut pergi ke suatu tempat / traveling, lalu menceritakan pengalamannya di tempat tersebut.

Website pribadi ini biasanya dikenal dengan sebutan blog. Kegiatannnya dinamakan Blogging sedangkan pelakunya disebut Blogger.

Hari ini banyak bermunculan para blogger-blogger baik itu yang menceritakan perjalanannya ke suatu tempat atau traveling, menceritakan pengalamannya makan di sebuah restoran hingga menuliskan berita-berita atau artikel lepas yang ditulis berdasarkan sudut pandang orang tersebut.

Kegiatan blogging sendiri sebenarnya tidak lebih dari hanya sekedar hobi, namun hari ini kegiatan blogging bahkan bergeser ke arah pekerjaan sampingan, komersial atau pun full time job.

Bagaimana tidak, bloggin sendiri sebenarnya bisa menghasilkan uang kalau anda tahu, dari kegiatan tersebut para blogger bisa menampilkan iklan di blognya tersebut. Apabila pengunjung blognya cukup ramai, tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik blog. Dengan semakin banyakna pengunjung yang melihat iklan di blognya tersebut, maka potensi orang untuk mengklik/melihat iklan akan besar, disinilah pemilik blog bisa menghasilkan uang.

Selain dari menyediakan tempat untuk menampilkan iklan, banyak juga potensi-potensi lain yang sangat menguntungkan bagi para pemilik blog yang jumlah pengunjung per harinya sudah mencapai ratusan bahkan ribuan.

#2. Website perusahaan/bisnis

Jenis website yang kedua ini sering kita temukan untuk perusahaan-perusahaan besar. Mereka sering menggunakan website sebagai media publikasi untuk menampilkan profile, jenis produk atau usahanya, lokasi alamat hingga layanan ke pelanggan yaitu seperti customer service.

Website perusahaan/bisnis sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan terhadap konsumen. Konsumen setiap kali akan mencari produk/usaha anda, hampir sebagian besar tentunya mereka akan berselancar di internet. Apabila mereka menemukan website anda di internet, ini akan menjadi nilai lebih.

Selain memudahkan konsumen mencari informasi mengenai produk/layanan yang anda tawarkan, juga memudahkan anda sebagai pemilik usaha/bisnis tanpa perlu repot memberikan penjelasan mengenai produk/usaha yang anda tawarkan kepada konsumen. Mereka bisa mengecek langsung ke website anda.

#3. Website Ecommerce/toko online

Jenis website yang ketiga sering kita lihat ketika anda mengunjungi website belanja online seperti bhinneka.com , jakartanotebook.com, dsb. Jenis website seperti ini biasanya langsung memunculkan katalog produk beserta uraian deskripsi hingga harga. Selain itu anda pun akan sering melihat sebuah tombol BELI, BUY, CHECKOUT, KERANJANG BELANJA, PESANAN ANDA, dsb.

Jenis dari website ini mulai dari hanya sekedar menampilkan katalog produk, bahkan hingga pengelolaan proses pemesanan, pembayaran dan pengiriman.

Website jenis Ecommerce ini biasanya sangat kompleks dan sangat jarang sebuah usaha skala menengah kebawah mengelola website toko online seperti ini secara mandiri.

#4. Portal

Jenis website yang keempat yaitu portal, sering anda mendengar istilah portal berita barangkali. Nah sebenarnya jenis portal sendiri ada beberapa macam, sebut saja diantaranya :

a. Portal berita

Jenis dari portal berita biasanya lebih sering menampilkan isi berita yang sifatnya umum. Seperti layaknya anda membaca koran ataupun majalah, namun bedanya portal berita ini adalah koran atau majalah online yang bisa anda nikmati secara gratis, kapanpun dan dimanapun.

b. Portal jual beli

Jenis dari portal jual beli kita sering melihat seperti bukalapak, tokopedia, lazada, shopee, dsb. Jenis portal jual beli ini sebenarnya mirip dengan jenis website ecommerce/toko online, namun sifatnya adalah umum. Portal jual beli ini bisa diibaratkan seperti Mall yang disewakan bagi para pemilik usaha untuk menyewa sebuah tempat.

Dimana tentu saja didalamnya akan banyak orang berlalu lalang melihat banyak sekali barang-barang yang ditawarkan dari beragam jenis bisnis/usaha.

Jenis portal jual beli ini sangat cocok bagi anda yang belum memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website ecommerce/toko online sendiri. Anda cukup mendaftar pada penyedia layanan portal jual beli semisal tokopedia.

Tokopedia sendiri dan beberapa layanan portal jual beli lainnya memberikan layanannya secara cuma-cuma alias gratis. Anda tidak perlu membayar kepada mereka untuk membuat sebuah akun di portal mereka untuk nantinya menampilkan produk/produk anda.

c. Portal iklan baris

Jenis portal iklan baris sekarang lebih ke arah iklan online seperti mobil123, rumah123, carmudi.com, olx.

>