Manfaat website untuk bisnis/usaha

55

Apa sih website? Web site secara sederhananya bisa anda bayangkan seperti buku katalog atau brosur yang menjelaskan mengenai produk/barang yang anda jual namun bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia melalui internet.

Nah jenis jenis website itu sendiri banyak macamnya seperti
1. Sosial Media (facebook, instagram, dsb)
2. Blog
3. Website perusahaan/usaha anda
4. Website berita online atau iklan baris
5. Toko online seperti lazada, tokopedia, bukalapak
Dan masih banyak lagi tentunya.

Tentu saja bisa apabila sebuah bisnis atau usaha anda ingin beralih ke online namun tanpa website, tapi akan lebih baik lagi apabila anda memiliki website.

Website diibaratkan seperti toko/kantor anda di internet. Toko/kantor tersebut adalah tempat bagi konsumen untuk datang dan mengenal produk/jasa yang anda tawarkan tentunya.

Toko/kantor tersebut bisa anda miliki sendiri atau bahkan sewa. Apabila anda punya toko sendiri tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dengan toko yang anda sewa.

Ketika anda memiliki toko di tempat anda sendiri, anda memiliki kebebasan tentunya untuk mengelola atau bahkan mengembangkan toko anda supaya jauh lebih besar. Namun tantangannya tentu saja pengelolaannya akan jauh sedikit lebih sulit ketimbang anda sewa tempat untuk toko anda. Salah satu faktor terpenting apabila anda punya toko di tempat anda sendiri, lokasi toko anda tentulah harus strategis.

Sedangkan apabila anda sewa ditempat orang lain, juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Semisal anda sewa toko untuk berjualan aksesoris handphone di Mall
Kelebihannya anda tidak perlu repot-repot mengelola toko anda, anda cukup fokus pada proses bisnis dari usaha anda. Selain itu pula toko anda akan jauh lebih dikenal orang karena berlokasi di tempat yang sangat strategis dimana orang banyak lalu lalang yaitu di mall.
sedangkan kekurangannya anda tidak bisa mengembangkan toko anda sesuai dengan keinginan anda karena toko tersebut bukan miliki anda. Sehingga akan sedikit menyulitkan apabila anda ingin memperluas usaha bisnis anda.

Hal ini sama halnya ketika anda memiliki website sendiri, ketika anda mengelola website anda sendiri untuk mempromosikan usaha/bisnis anda, tentu akan jauh lebih bonafit di mata konsumen anda. Konsumen di era online saat ini, mereka cenderung akan melihat atau mengecek alamat website dari usaha/bisnis yang anda jalankan untuk mengetahui lebih jauh produk/layanan yang anda tawarkan. Apabila anda memiliki website, tentu konsumen memandang bahwa bisnis/usaha anda memiliki nilai lebih ketimbang para pesaing anda.

Kenapa bisnis/usaha anda harus memiliki website?

Sebelum memulai, saya ingin menanyakan dulu beberapa hal kepada anda..

Apakah bisnis anda ingin berkembang?Lebih banyak dikenal orang, ketimbang orang-orang sekitar?

Apabila jawaban diatas adalah “Iya”, maka bisa dipastikan anda perlu memiliki sebuah website.

Alasan paling mendasar kenapa anda harus punya website yaitu agar bisnis/usaha anda dikenal secara online. Dikenal secara online artinya dikenal oleh konsumen anda yang selalu aktif di dunia online, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Saat ini hampir sebagian besar orang mencari informasi melalui internet, ketika seseorang mencari informasi melalui internet. Tentu saja yang akan dibuka adalah sebuah website, entah itu website pribadi, blog, berita online, ataupun sosial media.

Lalu saya harus punya website yang seperti apa kalau begitu?

Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan bisnis/usaha anda. Apabila anda mampu untuk membuatnya dan memiliki waktu, anda bisa mulai dengan cara membuat website gratisan. Simak artikel saya yang membahas mengenai cara membuat website gratis

Namun bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai penggunaan internet, anda bisa setidaknya membuat akun facebook atau halaman facebook sendiri mengenai bisnis/usaha anda. Untuk selanjutnya anda isi profil, foto, informasi bisnis/usaha yang anda jalankan, kontak yang bisa dihubungi.

>