Mengenal Bitcoin Part-1

22

Dengan meningkatnya jumlah pengguna komputer diseluruh dunia dan terhubung melalui jaringan internet, pemanfaatan teknologi World Wide Web dalam melakukan transaksi perdagangan online semakin meningkat. Hal ini menimbulkan jumlah peredaran uang di dunia maya cukup besar, mengingat tidak adanya batasan geografis. Akan tetapi sistem mata uang fiat yang sekarang ini digunakan sebagai transaksi online masih terbatas oleh aturan regulasi suatu negara yang memiliki keterbatasan dalam hal privacy, biaya transaksi, inflasi, dsb. Dari segala keterbatasan inilah muncul suatu jenis mata uang baru yang berbasis pada cryptography, yang tidak tergantung lagi pada pihak ketiga dalam mengelola peredaran uang.

Bitcoin adalah salah satu dari beberapa mata uang digital yang pertama kali muncul pada tahun 2009, sebagai mata uang digital berbasiskan cryptography. Hingga sekarang, penggunaan bitcoin sebagai mata uang digital sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online sebagai alat pembayaran. Keuntungan yang didapat dari penggunaan bitcoin ini yaitu salah satunya tidak ada batasan atau aturan baku dalam melakukan transaksi jual/beli, dimana baik penjual maupun pembeli, akan sangat sulit di lacak keberadaanya atau bersifat anonymous. Oleh karena itu, bitcoin biasanya banyak sekali digunakan sebagai alat pembayaran dalam melakukan transaksi perdagangan illegal, seperti obat-obatan terlarang. Salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin yaitu melalui metode mining.

Bitcoin atau disingkat dengan “BTC” adalah mata uang digital, yang tidak dikeluarkan oleh lembaga, organisasi ataupun pemerintah dalam regulasinya. Bitcoin memanfaatkan jaringan peer-to-peer network sebagai media distribusinya dengan menggunakan protokol kriptografi canggih. Pertama kali di cetuskan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto, software bitcoin dibuat dan mulai dijalankan di tahun 2009. Sebuah nilai bitcoin (electronic coin) merupakan rangkaian dari sebuah tanda tangan digital. Pembahasan detail mengenai cara kerja bitcoin diluar dari cakupan tulisan ini. Pada gambar berikut dapat dilihat sebuah blok rantai transaksi yang digunakan untuk menyimpan informasi berupa informasi pemilik bitcoin tersebut.

Jumlah peredaran bitcoin dapat diprediksi dengan nilai yang dibatasi sebesar 21 juta bitcoin, dan nilai 21 juta bitcoin tesebut akan dicapai sekitar tahun 2140,  hingga saat tulisan ini dibuat baru sekitar 11 juta bitcoin  yang telah dihasilkan dan beredar.

Bitcoin Mining
Mining adalah proses penambahan record transaksi pada jurnal catatan tansaksi bitcoin sebelumnya. Jurnal catatan transaksi bitcoin sebelumnya ini dikenal dengan sebutan “block chain”. Mining merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin melalui proses pencarian sebuah blok baru yang harus dikerjakan oleh seorang miner. Setiap blok baru yang berhasil ditemukan, maka seorang miner akan diberikan reward sebesar 25 BTC. Pada awalnya besar reward yang diberikan yaitu sebesar 50 BTC, akan tetapi terjadi engurangan sebesar setengah kali dari jumlah BTC sebelumnya bila telah mencapai kelipatan blok 210.000 [8]. Pada saat tulisan ini dibuat, jumlah blok yang telah berhasil ditemukan yaitu sekitar 255.048 [5]. Lama waktu pencarian untuk sebuah blok cukup bervariasi, tergantung dari seberapa cepat hardware yang dimiliki, dihitung dengan satuan Mhash/s. Berikut tren pertumbuhan jumlah bitcoin yang telah berhasil di mining.


>