Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat? Ketahui Dulu Penyebabnya!

42

Sakit gigi memang bisa sangat mengganggu aktivitas. Jika gigi Anda bermasalah, biasanya Anda akan merasakan pusing, mudah terganggu oleh suara kencang, sulit bicara, dan tidak nyaman ketika makan.

 
Untuk meredakannya, banyak metode alami dan modern yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi dengan cepat. Namun begitu, Anda pun perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari sakit gigi yang Anda alami.
 

1. Sakit Gigi Disebabkan Gigi Berlubang

 

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh gigi yang rapuh, sering makan makanan manis, atau terdapat bakteri pada enamel gigi.
Sebenarnya, jika dibiarkan berlarut-larut, gigi berlubang bisa menjadi masalah serius terutama jika sakit sudah menjalar pada saraf.
Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengobati sakit gigi dengan cepat:

Lada dan Garam

 

Ambil sedikit lada dan garam, lalu aduk dengan beberapa tetes air. Setelah agak menggumpal, masukkan campuran tersebut ke dalam lubang gigi yang terasa sakit. Biarkan beberapa saat hingga sakit reda.
 

2. Sakit Gigi Disebabkan oleh Luka di Gusi

 

Luka di gusi bisa menyebabkan nyeri pada gigi. Hal ini bisa juga dikarenakan kurangnya vitamin C atau luka karena terkena makanan atau sikat gigi. Jika gusi sudah telanjur bengkak, pengobatan mungkin bisa memakan waktu lebih lama.

 Kumur dengan Air Garam

Garam memiliki banyak mineral. Ambil segelas air hangat dan campurkan sesendok garam ke dalamnya lalu aduk. Kumur menggunakan air ini beberapa kali sehari untuk meredakan bengkak gusi.
 

Manfaatkan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dengan kadar vitamin C yang tinggi. Peras air jeruk nipis lalu teteskan ke bagian yang bengkak. Awalnya cara ini mungkin akan menimbulkan rasa perih. Namun jika dilakukan dengan rutin, luka pada gusi akan cepat sembuh.
 

Selesaikan Masalah Langsung pada Sumbernya 

Mengobati sakit gigi dengan cepat bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat, coba minum pereda nyeri seperti ibuprofen, natrium diklofenak, atau parasetamol. Namun begitu, pereda nyeri ini bisa mengobati sakit gigi dengan cepat tetapi hanya sementara.
 

Jadi, jika sakit gigi terus berulang dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya periksakan keadaan gigi Anda pada dokter.

Kalau perlu, lakukan rontgen agar terlihat apakah gigi atau akar gigi memiliki masalah di tempat yang tidak terlihat. Setelah itu, dokter bisa melakukan tindakan pengobatan yang benar dan masalah gigi Anda pun akan lebih cepat selesai.

 

>