Pentingnya merencanakan masa depan

72

Pernahkah anda merenung sejenak, apa yang menjadi tujuan hidup anda? ataukah anda hanya merasa bahwa hidup bagaikan air yang terus mengalir.

Anda berhak untuk menentukan masa depan anda sendiri, nasib anda sendiri dan Ini adalah salah satu langkah ikhtiar kita.

Mari kita simak kutipan dari seorang motivator terkenal dunia yaitu Jim rohn

“If you don’t design your own life plan, other will design for you”

Kalau anda hari ini ingin sukses, mulailah untuk mencatat dan merencanakan apa yang anda inginkan di masa depan.

Sebagai contoh ketika anda ingin sekolah, maka tuliskanlah dimana anda ingin sekolah, jurusan apa yang ingin anda ambil.

Jangan jadi orang yang hanya sekedar ikut-ikutan teman atau orang lain, anda harus punya prinsip.

Apabila anda ingin ikut-ikutan, anda harus punya alasan yang kuat kenapa saya ikut dengan teman anda itu. Apakah teman anda memang sosok yang bisa dijadikan panutan atau anda menutup mata ?Pokoknya saya mau ikut seperti dia.

Orang yang sejak awal disiplin untuk menuliskan setiap Goalnya, tujuan hidupnya, jelas akan berbeda dengan orang-orang yang hanya sekedar ikut-ikutan.

Sikap ikut-ikutan ini jelas akan membuat kita terbiasa hingga nanti anda bekerja. Inilah yang dikatakan oleh Jim Rohn bahwa “Orang-orang yang tidak mendesain hidupnya sendiri, maka orang lain yang akan mendesain hidupnya.

Para pebisnis sukses di dunia ini, mereka itu adalah orang-orang yang mendesain hidupnya dan menulis goal serta tujuannya masing-masing.

Apa yang mereka capai sekarang, adalah hasil dari tujuan/goal yang pernah mereka tulis di masa lalu.

Memang benar, banyak juga yang tidak menuliskan goal dalam hidupnya tapi mereka bisa sukses. Akan tetapi lebih banyak orang-orang yang sukses itu karena mereka sudah menuliskan apa yang menjadi Goal hidup mereka di awal.

Sebagai contoh, seorang Bill Gates pendiri perusahaan raksasa software terbesar di dunia yaitu Microsoft. Pernah berbicara pada masa itu ketika belum banyak orang yang memiliki komputer “Suatu saat nanti, setiap orang akan memiliki komputer di rumahnya masing-masing”. Ini adalah salah satu bukti nyata apa yang pernah dia impikan dan cita-citakan akhirnya hari ini benar adanya.

Apakah menurut anda ini sebuah ramalan? Bill gates bukanlah seorang peramal, dia adalah seorang pengusaha yang memiliki tujuan hidup yang kuat, goal yang jelas. Sehingga apa yang dia lakukan semuanya untuk mengarah pada goal dan tujuan hidupnya.

Kutipan kedua dari Jim Rohn yaitu “Set your clear Goals” . Buat goal atau tujuan anda dengan jelas.

Goal atau tujuan yang anda buat harus sangat jelas dan spesifik. Karena kalau tidak jelas, goal hanya sekedar hayalan dan impian belaka. Tidak tau bagaimana untuk mencapai ke arah Goal anda.

Goal yang jelas sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan. Sebagai contoh Goal yang tidak jelas : “saya ingin punya mobil”. Bedakan dengan contoh berikut
Goal yang Jelas : “Saya ingin punya mobil BMW seri 7 warna hitam keluaran tahun 2016”.

Lihat kan perbedaannya, kira-kira mana yang membuat anda semakin termotivasi dan semakin serius untuk mengejar ke arah Goal anda? ketika anda punya Goal yang jelas maka otak anda akan dengan mudah mencerna hingga akhirnya bisa mengarah ke Action plan.

Nah sekarang, coba anda renungkan kembali dan tulis. Apa yang menjadi Goal dan tujuan hidup anda, karena kejelasan itu tertuang dalam bentuk tulisan. Tidak hanya sekedar anda bayangkan di angan-angan anda.

>