Penyelamat bangsa dan keberlangsungan hidup umat manusia

66

Seorang enterpreneur adalah penyelamat bangsa, yang akan meneruskan keberlangsung hidup umat manusia. Dialah yang menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan hidup orang banyak dan membangun nilai-nilai nyata dalam kehidupan.

Seorang enterpreneur di tuntut untuk berfikir kreatif, inovatif dan mandiri. Bekerja tanpa kenal lelah, selalu mau belajar dan mampu bangkit dari kegagalan demi kegagalan.

Merealisasikan sebuah ide menjadi sebuah bisnis agar bisa berjalan dan berkembang adalah tantangan terberat yang harus dihadapi.

3 kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang enterpreneur

  1. Kemampuan yang berkaitan dengan product development. Yaitu mampu memahami produk/jasa yang akan dijual, bagaimana mengelolanya, membuat sebuah nilai lebih, dsb.
  2. Kemampuan terhadap skill teknis yang mendukung untuk pengembangan produk
  3. Self Development Kemampuan yang akan menentukan arah bisnis berdasarkan dari karakter anda sendiri sebagai enterpreneur.

Seorang enterpeneur merupakan problem solver, harus mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi dalam membangun bisnisnya. Oleh karena itu, tidak ada jalan pintas untuk cepat merealisasikan kesuksesan.

Dorongan yang kuat untuk menjadi seorang enterpreneur berdasarkan 2 aspek

  1. Unsur kenikmatan/kesenangan yang akan didapat apabila sukses. Unsur ini mungkin hanya memberi dampak 20% terhadap kesuksesan seorang enterprenuer, kenapa? Karena apabila seseorang diiming-imingi akan mendapatkan kenikmatan yang amat sangat seandainya dia berhasil menjadi seorang enterpreneur, bisa jadi ketika menghadapai permasalahan-demi permasalahan ketika menjalani bisnisnya dia akan mudah putus asa. Karena dorongan alasannya hanya untuk mendapatkan kesenangan semata tidak cukup untuk mendongkrak motivasinya.
  2. Unsur kesengsaraan atau desakan terhadap sebuah situasi sulit yang sedang dihadapi. Faktor kedua ini sangat-sangat powerfull, banyak para enterpreneur sukses dan berhasil berangkat dari situasi-situasi sulit yang mereka hadapi sebelumnya. Desakan demi desakan mereka rasakan yang membuat mereka semakin kuat dan teguh dalam menjalani bisnisnya. Alasan inilah yang membuat semangat seorang enterpreneur tidak akan pernah usang, karena apabila mereka menyerah maka semua harapan-harapan pahit yang sedang mereka hadapi akan terus menerus mereka hadapi selamanya.
>