Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

53

Mungkin bagi sebagian orang wordpress bukan hal yang asing untuk didengar, namun bagian sebagian lagi yang lain barangkali terlihat cukup asing. WordPress sendiri sebenarnya dibuat awal mulanya untuk membuat sebuah blog gratisan, karena wordpress dikenal sebagai salah satu platform untuk membuat blog selain dari pesaing yang satunya yaitu blogger atau blogspot.

Namun seiring dengan semakin popularnya penggunaan wordpress, maka perannya saat ini tidak hanya ditujukan untuk blogging semata. Akan tetapi ditujukan untuk pembuatan website dari yang paling sederhana hingga website profesional.

Jenis WordPress

WordPress sendiri saat ini ada 2 jenis :

  1. Self Hosted yang beralamat di wordpress.org atau wordpress yang bisa anda download lalu anda lakukan tahapan instalasi sendiri hingga upload ke hosting yang anda miliki.
  2. Cloud Hosted yang beralamat di wordpress.com atau wordpress yang bisa anda langsung gunakan tanpa perlu memikirkan instalasi dan hostingnya.

Anda pilih yang mana?

Apabila anda “Ingin punya website yang mudah dibuat dan dikelola ?” maka pilih wordpress yang Cloud Hosted beralamat di wordpress.com, simak postingan saya mengenai cara membuat website gratis menggunakan wordpress.com.

atau  “Ingin punya website yang lebih profesional dari segi tampilan, fleksibel dan mudah untuk dikembangkan?” maka pilih wordpress yang Self Hosted. Anda download, anda pasang, anda konfigurasi, anda upload sendiri ke hosting yang anda punya.

Masih dirasa kurang jelas? silahkan tinggalkan komentar dibawah, saya akan jawab dengan senang hati.

>