Personal branding untuk diri sendiri

67

Apa itu personal branding?

Ketika kita bicara mengenai personal branding terkadang kita menyangkut pautkan branding itu sendiri dengan cara membangun atau mempromosikan mengenai produk atau jasa Anda tentunya. Sebetulnya personal branding itu sendiri adalah kombinasi yang unik mengenai skill dan experience yang membuat Anda dikenal. Dan tentunya personal branding yang efektif itu yang membedakan antara anda dengan orang lain di kompetensi yang sama

Brand bisa apa saja

Selama ini kita selalu menyangkut pautkan yang namanya Brand itu selalu terkait dengan perusahaan ataupun produk contoh seperti McDonald atau Apple. Namun hari ini apapun bisa jadi sebuah brand termasuk individu sekalipun dan anda sendiri memiliki sebuah personal brand.

Nah tentunya yang jadi pertanyaan, apa personal brand anda?? Barangkali Anda bingung untuk menentukan personal branding anda sendiri. Tapi yang jelas personal branding itu bisa dalam bentuk online maupun offline. Namun yang akan saya bahas di tulisan sekali ini tentu saja personal brand yang mengarah ke online.

Personal branding tidak hanya bagi seorang direktur ataupun seorang public figur bagi anda seorang penyedia layanan profesional seperti misalkan jasa konsultan ataupun anda seorang manajer ataupun anda seorang dokter sekalipun itu memiliki personal branding nya masing-masing.

Beruntungnya saat ini banyak sekali tools ataupun resource yang bisa membantu kita untuk merencanakan atau membuat proses mengenai personal branding anda sendiri secara online.

Mengapa personal branding perlu diperhatikan

Ketika berbicara personal brand terkadang beberapa orang berpikir bahwa untuk membangun personal branding itu sendiri sangat menghabiskan banyak waktu atau bahkan merasa tidak penting.

Memang benar bahwa untuk membangun personal branding secara baik itu sangat menghabiskan banyak waktu dan tenaga.  Namun anggapan bahwa personal branding itu tidak penting tentu saja anggapan yang salah, inilah alasannya..

Saat ini hampir setiap orang akan mencari tahu mengenai anda menggunakan Google tentunya untuk setiap aktivitas atau kegiatan apapun Yang melibatkan Anda entah itu sebagai pembicara entah itu sebagai konsultan entah itu mereka ingin menggunakan produk atau jasa anda mereka tentu akan mencari tahu Siapa anda sebenarnya ketika Memang mereka belum mengenal anda lebih jauh ya mungkin bukan teman-teman atau orang-orang terdekat anda.  cara paling cepat untuk mencari tahu siapa Anda karir Anda profesi anda pengalaman anda tentu dengan cara mengetikkan nama anda di Google.

Saya berikan sebuah contoh apabila anda menganggap bahwa personal branding itu tidak penting mungkin anda beranggapan personal branding hanya untuk orang-orang kalangan menengah ke atas. Personal branding tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas. Kalangan menengah ke bawah sekalipun itu harus diperhatikan Walaupun memang Anda tidak terlalu mementingkan memiliki sebuah website pribadi yang digunakan untuk memunculkan personal branding anda sendiri.  

Sebagai contoh Ketika anda ingin melamar pekerjaan, anda akan melalui proses interview tentunya. Ketika anda diinterview kerja tentu seorang interviewer atau yang akan mewawancarai anda bisa saja mencari tahu anda terlebih dahulu sebelumnya menggunakan Google.

Semisal nama anda adalah Ferry Mulyanto, ketika yang melakukan interview mencari nama anda di Google tentu Google akan memunculkan nama-nama yang memiliki kaitan erat dengan nama yang anda sudah ketik tadi itu Ferry Mulyanto. Apabila nama tersebut muncul dihalaman teratas dan memang kebetulan itu adalah yang menuju ke anda atau mengarah ke anda, anda harus waspada kemungkinan besar hasil yang muncul di halaman pertama itu adalah profil di social media anda contoh yaitu Facebook. Apabila hasil yang muncul di Facebook itu memang terkesan positif dan tidak banyak unsur-unsur negatif semisal Anda mengomentari komentar-komentar negatif kepada orang lain Atau memang Anda berbuat tidak senonoh di halaman sosial media anda, seorang interviewer akan bisa melihat anda itu seperti apa dengan cara melihat profil atau aktivitas anda di sosial media tentunya.

Personal branding yang kuat dapat membantu anda untuk memudahkan

  1. proses wawancara
  2. penempatan posisi atau jabatan Anda
  3. promosi untuk kenaikan jabatan
  4. peluang untuk menjalin kerjasama kepada anda
  5. prospek prospek agar anda diundang sebagai tim ahli atau pembicara dan banyak lagi tentunya

Alasan yang paling kuat agar anda fokus terhadap personal branding anda sendiri yaitu untuk menolong diri Anda sendiri, karena kalau anda tidak memperhatikan personal branding anda maka bisa dipastikan kecil kemungkinan anda bisa dengan mudah dikenali oleh orang yang memang belum kenal ada sebelumnya.

Apabila Anda selama ini memang merasa sudah cukup dikenal banyak orang itupun barangkali hanya orang-orang yang sudah mengenal anda sebelumnya melalui teman-teman terdekat atau dalam satu Lingkungan organisasi yang sama. Nah sekarang kalau anda sudah memiliki sebuah website personal branding, tidak menutup kemungkinan orang-orang di luar lingkungan di luar organisasi Anda bisa mengenal anda lebih jauh. Itulah kesempatan yang sangat berharga untuk Anda bisa mengembangkan potensi diri Anda agar bisa dikenal lebih luas lagi

>