Pilih yang Aman: Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

20
Ibu yang sedang hamil memang dianjurkan untuk menjauhi bahan-bahan kimia dan obat-obatan. Dikhawatirkan, bahan-bahan kimia buatan akan berpengaruh pada janin dan kehamilan. Akibatnya, mencari obat sakit gigi untuk ibu hamil sering kali dirasa sulit, terutama pada trimester pertama dan ketiga kehamilan. Padahal, sakit gigi adalah salah satu penyakit yang rentan datang pada ibu hamil sama seperti sakit punggung, edema, dan rasa mual.
 

Penyebab Sakit Gigi pada Ibu Hamil

 
Sakit gigi yang ada pada ibu hamil sama saja dengan sakit gigi yang biasa dialami banyak orang—pembengkakan gusi, gigi berlubang, hingga gigi keropos. Ternyata, ada beberapa penjelasan mengapa ibu hamil rentan terhadap sakit gigi.
 

·      Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil ternyata memperbesar kemungkinan untuk terjadinya gingivitis atau peradangan pada gusi. Pada saat hormon berubah-ubah,  sistem imun tubuh pun ikut berubah. Untuk mengatasinya, selalu rajin untuk menyikat gigi dan pastikan tidak ada sisa makanan tertinggal di mulut ketika tidur.

·      Morning Sickness yang Berkelanjutan

Pada trimester pertama, sebagian besar ibu hamil mengalami mual hingga muntah. Sementara itu, muntah membawa keluar makanan yang sudah terkena asam lambung di dalam perut. Nah, asam lambung yang melewati gigi inilah yang bisa menyebabkan gigi rapuh, keropos, hingga akhirnya berlubang. Untuk mencegahnya, selalu kumur dengan air bersih setelah muntah.
 

Obat-Obatan Generik dan Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

 
Memang tidak mudah mencari obat sakit gigi untuk ibu hamil terutama yang ampuh dan tentunya aman bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah beberapa obat yang bisa Anda coba:
 

·      Parasetamol dan Antibiotik yang Disarankan Dokter.

Jika hanya terasa nyeri, parasetamol mungkin bisa mengatasi masalah Anda. Hindari pereda nyeri lain seperti oksikodon dan perkoset yang terbukti berbahaya bagi ibu hamil.

·     Makan Makanan Tinggi Kalsium

 
Konsumsi makanan tinggi kalsium seperti bayam, kangkung, susu, ikan, dan kacang-kacangan untuk mengantisipasi kekurangan kalsium seperti yang sering dialami oleh ibu hamil.

·     Mengunyah Bawang Putih

 
 
Bawang putih memiliki kemampuan antibakteri dan antivirus yang luar biasa. Kunyah satu suing bawang putih untuk merasakan khasiatnya. Walaupun aromanya cukup menyengat, bawang putih sangat ampuh digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil.
 

Perawatan dan obat sakit gigi untuk ibu hamil sebaiknya dibatasi ketika awal kehamilan dan ketika memasuk trimester ketiga. Proses menahan sakit atau tegang pada saat pengobatan bisa menimbulkan kontraksi dini pada kehamilan.
Untuk hasil yang lebih memuaskan, sebaiknya konsultasikan keadaan gigi pada dokter gigi dan dokter kandungan Anda.
>